Pengertian Dan Fungsi Software HRIS Indonesia Yang Harus Pemula Pahami

Membangun sebuah bisnis bukanlah perkara mudah dan perlu banyak pertimbangan. Saat sudah mulai berjalan pun, selalu ada saja kendala yang menghadang, termasuk perihal human resources. Untuk menangani hal tersebut, terdapat sebuah aplikasi yang dikenal dengan sebutan software HRIS. Yuk Intip pengertian dan fungsi software HRIS Indonesia sebagai berikut!

Pengertian Dan Fungsi Software HRIS Indonesia

Apa Yang Dimaksud Dengan HRIS?

Tidak dapat dipungkiri jika masalah Human Resources Management atau SDM adalah komponen penting dalam berjalannya sebuah usaha. Tanpa pengelolaan SDM yang baik, maka sebuahbisnis sulit untuk dikembangkan. Mengelola SDM bukan hanya serta merta mendisiplinkan dan memotivasi karyawan, namun juga memberikan hak dan mengembangkan kemampuannya.

Selain itu, ada hal hal lain seputar SDM yang wajib diperhatikan sebuah perusahaan, misalnya membayar pajak. Oleh karena itu, pihak HRD harus mendapatkan bantuan dari sebuah aplikasi yang memudahkan semuanya. Pengelolaan yang dilaksanakan secara manual tidak efektif dan efisien. Bahkan rawan terhadap berbagai kesalahan yang dapat berujung fatal.

Untuk menghindari hal tersebut, sudah banyak perusahaan yang mulai menggunakan software HRIS untuk membuat segalanya lebih ringkas. Software HRIS dapat mengoptimalkan kerja karyawan sesuai dengan tujuan dari bisnis. Pihak HR dapat memanfaatkannya untuk mengelola berbagai kegiatan SDM melalui sebuah skema atau sistem yang tersentralisasi.

Fungsi Dan Kemampuan Software HRIS

Lantas apa saja contoh fungsi yang dapat dijalankan oleh software HRIS Indonesia? Beberapa diantaranya adalah penggajian, pembayaran pajak, kehadiran dan cuti, evaluasi kinerja, dan proses rekrutmen. Dengan software tersebut, HRD dapat melacak berbagai informasi terkait dengan karyawannya, mulai dari data pribadi, informasi gaji, pengeluaran, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Melihat banyaknya data yang terkandung itulah, yang membuat faktor keamanan software HRIS sangat diperhitungkan. Manager HRD bisa membatasi siapa saja yang dapat mengakses informasi tersebut agar tidak ada orang yang menggunakannya dengan sembarangan. Anda pun harus memilih produk HRIS yang dirancang oleh pengembang yang handal agar tidak ada masalah.

Setelah mengetahui fungsi utama dari software HRIS, dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi tersebut memiliki manfaat yang sangat besar bagi sebuah perusahaan. Pihak HRD dapat mengontrol dan mengatur berbagai keperluan pegawai dengan lebih mudah. Bahkan pendistribusian gaji menjadi lebih praktis, sehingga semua pegawai dapat menerima bayaran dengan kalkulasi yang akurat dan tepat waktu.

Belum lagi biaya lembur dan perjalanan yang dapat terinput dengan otomatis. Dari hal tersebut, terlihat bahwa software HRIS Indonesia menjadi solusi terbaik bagi sebuah bisnis. Pihak karyawan maupun perusahaan bisa terhubung dengan baik. sistem tersebut pun bisa dibilang serab transparan, sehingga karyawan yang bersangkutan dapat melihat rencana kinerja dan bayaran nya secara langsung.

Dari berbagai jenis software HRIS yang ada di Indonesia, SPISy lah yang paling handal. Produk tersebut adalah milik dari Sakura System Solution, yang mampu menuntaskan berbagai keperluan HRD dalam memanagement karyawan. Menggunakan jasa mereka adalah pilihan tepat karena sudah pasti aman, efisien, dan fleksibel.