Cara Memilih Speaker Aktif Terbaik Sesuai Kebutuhan

Sebagai seorang konsumen, tentu anda memiliki banyak pertimbangan sebelum membeli barang, termasuk speaker aktif. Pasalnya, biaya yang perlu anda keluarkan juga tidak sedikit, sehingga banyak hal yang perlu anda pertimbangkan. Lantas, bagaimana cara memilih speaker aktif terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda? Untuk penjelasan lebih lengkap, simak ulasan berikut!

Cara Memilih Speaker Aktif yang Sesuai dengan Kebutuhan

Daftar Mikrofon Terbaik Wireless Shure 1
  1. Melihat Ukuran dari Jenis Speaker Aktif

Speaker aktif memiliki beberapa jenis sesuai dengan frekuensi yang dimilikinya, seperti woofer, subwoofer, tweeter, mid range, dan full range. Masing-masing jenis speaker ini memiliki ukuran yang berbeda dan sesuai dengan tingkat suara yang dihasilkan. Ukuran dari jenis speaker ini juga perlu anda perhatikan karena akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan oleh speaker.

Misalnya seperti woofer yang semakin besar ukurannya, maka suara yang dihasilkan juga akan semakin rendah. Sama halnya dengan tweeter yang berfungsi untuk menghasilkan nada tinggi. Semakin kecil ukuran dari tweeter, maka nada yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Untuk itu, anda perlu memperhatikan keperluan nada yang anda butuhkan agar speaker aktif bekerja maksimal.

  1. Mempertimbangkan Daya yang Dibutuhkan

Speaker aktif adalah jenis speaker yang membutuhkan daya pada rentang rendah hingga sedang. Penggunaan daya ini tidak berhubungan langsung dengan kualitas dari speaker aktif terbaik. Namun, daya dari speaker aktif berhubungan dengan tinggi rendahnya volume yang dihasilkan. Sebab, semakin tinggi dayanya, maka amplifier yang ada di dalamnya juga semakin kuat.

Apabila amplifier semakin kuat, maka volume yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Umumnya, daya yang semakin tinggi juga memerlukan konsumsi listrik yang semakin besar. Hal ini perlu anda sesuaikan dengan kebutuhan anda agar penggunaan speaker aktif lebih optimal. Dengan demikian, anda juga tidak akan merasa merugi di kemudian hari karena salah dalam memilih.

  1. Mengenal Lebih Dalam Spesifikasi Speaker Aktif

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan speaker aktif yang tepat adalah mengenal spesifikasi dari speaker tersebut. Dengan demikian, anda bisa mempertimbangkan speaker aktif yang seperti apa yang cocok dengan kebutuhan anda. Pemilihan speaker aktif terbaik tentunya juga membutuhkan banyak pertimbangan, seperti luas ruangan.

Hal ini penting untuk dipertimbangkan supaya speaker yang anda gunakan tidak menyebabkan ketidaknyamanan karena tidak cocok dengan ruangannya. Inilah pentingnya mengetahui spesifikasi dari speaker aktif tersebut. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan penjual speaker aktif terpercaya, seperti Goshen Swara Indonesia untuk mendapat speaker terbaik.

Memilih speaker aktif memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan agar tidak merugikan anda di kemudian hari. Selain itu, pastikan juga anda memilih tempat menjual speaker aktif yang terpercaya untuk mendapatkan produk terbaik. Dalam hal ini, Goshen Swara Indonesia adalah pilihan yang tepat.

Tags: