WordPress atau Blogspot ?

Seorang teman yang baru memulai dunia blog bertanya pada saya, “bagus mana kalau mau bikin blog ? WordPress atau Blogspot ?” kebetulan hanya 2 perbandingan itu saja yang di tanyakan ke saya. Karena memang popularitas blog hanya tampak di kedua tempat itu. Saya pun bingung juga mau jawab, bagus mana ? WordPress atau Blogspot ? apa kekurangan kelebihan dari wordpress dan blogspot ? Pertanyaan yang di lontarkan ini dalam konteks ngeblog di hosting subdomain dari wordpress dan blogspot tersebut, bukan dalam hosting yang menggunakan ‘Content Managemen System‘ atau yang di kenal dengan nama CMS.

Saya coba uraikan pelan-pelan ke kawan saya itu melalui Private Message secara panjang lebar sampai saya sendiri bingung apa yang sudah barusan saya jelaskan. Flash Back, awal saya ngeblog saya hanya mengenal Blogspot sebagai tempat ngeblog karena ya dari kandungan kata ‘Blog’ di dalam kata ‘Blogspot’ itu sendiri yang membuat saya ngeblog di tempat itu. Dan kemudian saya juga membuat ‘kembaran‘ blog saya itu di wordpress dengan alamat http://norjik.wordpress.com yang pada akhirnya blog di subdomain wordpress itu saya tutup dan kembali konsen ngeblog di subdomain blogspot dengan alamat http://norjik.blogspot.com sampai pada akhirnya memilih hosting sendiri ini. Kenapa saya tinggalkan WordPress dan memilih Blogspot dan pada finalnya saya memilih ngeblog menggunakan hosting sendiri ? tentunya ada kekurangan dan kelebihan, yang pada akhirnya kekurangan itu dapat tertutupi tanpa sedikitpun mengurangi kelebihan yang ada pada blogspot pilihan saya waktu itu. Berikut saya coba uraikan pendapat saya tentang kelebihan dan kekurangan dari dua tempat ngeblog paling populer itu :

 BLOGSPOT

  1. Blogspot memiliki kelebihan dalam hal modifikasi template, terdapat ratusan bahkan ribuan free template yang bisa di download secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai selera kita.
  2. Blogspot dapat membaca Script Java sehingga kita dapat memperindah blog kita dengan aneka macam widget dan tool seperti Shoutbox, Jam analog atau digital, Alexa rangking, Pagerange dan masih banyak lagi.
  3. Karena blogspot bisa membaca aneka Javascript, tentunya blogspot bisa di maksimalkan untuk mendapatkan penghasilan melalui aneka program periklanan yang belakangan ini mulai marak seperti Google Adsense, Adsense by Camp, Kumpul Blogger dan lainnya.

WORDPRESS

  1. Secara default wordpress sudah menyediakan banyak template, tetapi sayangnya kita tidak bisa seenak nya untuk memodifikasi template tersebut seperti pada blogspot. Walau bisa di modifikasi, hasilnya nggak berbeda jauh dengan default templatenya.
  2. WordPress tidak bisa mengenali Javascript, sehingga jelas kita tidak bisa memasang shoutbox, alexa dan beberapa tool yang menggunakan Javascript.
  3. Karena wordpress hanya mengenali kode html, maka sudah jelas wordpress tidak terlalu bisa di andalkan sebagai blog yang mendatangkan uang.
  4. Satu-satunya kelebihan wordpress yang saya lihat adalah pada bagian komentar, wordpress menyediakan form komentar yang user friendly sehingga bisa tampil persis sebuah forum untuk diskusi sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, kecuali jika mau extra keras merubah agar tampilanya menjadi user friendly.
  5. WordPress bisa mengimport semua tulisan yang pernah kita posting di blogspot, tetapi tidak sebaliknya.
  6. Di mata saya, wordpress punya tampilan yang bersih dan rapi sehingga pas rasanya untuk tempat khusus menulis.

Secara tampilan dan komentar yang user friendly saya pilih wordpress, tetapi untuk aneka modifikasi dan support untuk script dari pihak ke dua saya pilih blogspot. Nah bingung kan ? pengenya sih kedua-duanya bisa di dapat. Bagaimana solusinya ? tampilan bersih serta komentar userfriendly plus support terhadap segala jenis script ?. Akhirnya ketemu juga jawabanya, yaitu HOSTING SENDIRI dan kemudian di install wordpress melalui fantastico yang sudah tersedia pada webhosting. WordPress yang di install di hosting bisa di modifikasi sesuka hati seperti blogspot dan tentunya juga support Javascript. Hosting kan butuh biaya ? belum lagi beli domain nya ?, jawabnya… enggak mesti juga ah, khan ada Hosting gratis dan Domain gratis yang bisa di gunakan. Untuk hosting gratis bisa di coba di http://000webhost.com, silahkan buat account dan untuk instalasi wordpressnya bisa di lihat disini. Untuk domain gratis bisa ke http://co.cc, dan untuk  menghubungkan domain dengan hosting bisa dilihat disini.

catatan : sudah pernah di tulis di http://norjik.web.id/2008/11/11/worpress-atau-blogspot

norjik

Bernama asli Imam Hojali, Alumnus Strata 1 STMIK AKAKOM Yogyakarta Jurusan Teknik Informatika. Menulis Blog sejak tahun 2006 di http://norjik.blogspot.com dan berlanjut di http://norjik.web.id, masih aktif sebagai Tenaga IT di salah satu Perusahaan Swasta di Kalimantan Timur

2 thoughts on “WordPress atau Blogspot ?

  • January 21, 2013 at 10:01
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 21.0 on Windows Windows 7

    bagi saya, sama saja. seperti memilih Blackberry atau android. sesuai selera dan kebutuhan

    [Reply]

  • February 9, 2016 at 20:20
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 42.0.2311.138 on Android Android 5.0.2

    Kalo saya setia sama wapblog.id ^_^

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *