Tips Merawat Notebook

Pengguna laptop atau notebook di Indonesia saat ini sudah semakin banyak, seiring dengan semakin terjangkaunya harga laptop di pasaran. Di balik itu semua, masih banyak orang yang sering melakukan kesalahan dalam merawat laptopnya, sehingga laptop sering cepat rusak. Melalui tulisan sederhana kali ini akan disajikan berbagai tips sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop Anda dari kerusakan dini. Ini akan berguna dalam menambah umur laptop Anda.

  • Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.
  • Jangan letakkan laptop di lantai Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.
  • Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.
  • Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop Seringkali penulis jumpai seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?
  • Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.
  • Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.
  • Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.
  • Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.

Tips Perawatan Layar Notebook

  • Selalu tutup notebook Anda jika tidak sedang digunakan. Jika perlu gunakan penutup anti debu dari plastik atau simpan dalam tas notebook.
  • Jangan pernah menyentuh layar notebook, apalagi dengan benda tajam.
  • Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar notebook.
  • Saat notebook tertutup usahakan notebook tidak mengalami tekanan. Terutama jangan letakkan benda-benda berat di atas notebook yang tertutup.
  • Jangan menutup notebook saat ada benda tertentu antara layar dan keyboard. Bahkan selembar kertas yang terjepit antara layar dan keyboard bisa menjadi penyebab kerusakan layar.
  • Jangan menutup notebook dengan cara membanting.
  • Untuk membersihkan layar notebook, gunakan sikat lembut yang memang dirancang untuk membersihkan layar LCD dari debu.
  • Jika sikat tidak cukup, gunakan kain lembut atau tisu yang dibasahi dengan cairan pembersih. Ingat! Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung amoniak atau alkohol. Semprotkan cairan pembersih pada kain dan usap layar perlahan-lahan saat membersihkan.
  • Cairan pembersih untuk layar notebook disarankan menggunakan jenis pembersih yang sama dengan yang digunakan untuk layar kamera digital. Cairan ini biasanya bisa didapatkan di toko penjual perlengkapan kamera.

Sumber : Forum

norjik

Bernama asli Imam Hojali, Alumnus Strata 1 STMIK AKAKOM Yogyakarta Jurusan Teknik Informatika. Menulis Blog sejak tahun 2006 di http://norjik.blogspot.com dan berlanjut di http://norjik.web.id, masih aktif sebagai Tenaga IT di salah satu Perusahaan Swasta di Kalimantan Timur

7 thoughts on “Tips Merawat Notebook

  • December 28, 2011 at 18:53
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 9.0.1 on Windows Windows 7

    Jangan menutup notebook saat ada benda tertentu antara layar dan keyboard. Bahkan selembar kertas yang terjepit antara layar dan keyboard bisa menjadi penyebab kerusakan layar
    wah baru tau kalo dilapisin gtu pengaruhnya ke layar

    [Reply]

  • December 28, 2011 at 20:40
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 10.0.648.151 on Windows Windows 7

    “Jangan menutup notebook saat ada benda tertentu antara layar dan keyboard. Bahkan selembar kertas yang terjepit antara layar dan keyboard bisa menjadi penyebab kerusakan layar.”
    Padahal dari pabriknya selalu menyelipkan selembar kain tipis dan halus untuk melindungi layarnya.
    Dan saya telah mengamalkannya, dan layar saya tetap terjaga dengan baik :)
    Trus mana yang bener nih???

    [Reply]

    adi Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    yg bener jangan sampai mengganjal atau menekan layar…mungkin begitu to Pa Bambang ^_-^

    [Reply]

  • December 28, 2011 at 21:26
    Permalink
    Using Safari Safari 6531.22.7 on iOS iOS 4.1

    Bukan tanpa alasan saya menggunakan nama alias itu, karena memang papan ketik di laptop saya sudah rusak. Jagalah keyboard laptop seperti juga anda menjaga layarnya. :-)

    [Reply]

  • December 28, 2011 at 21:59
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    ada pembatas tidak masalah, yg terpenting tidak sampe menekan terlalu kuat layar LCD. Krn Notebook layarnya msh menggunakan LCD (cairan) bukan TFT. Terimakasih tmn2 sdh sudi mampir di thread saya :)

    [Reply]

  • December 30, 2011 at 10:28
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    iya, dari uraian diatas memang disyaratkan bahwa pengguna jangan hanya tahu menggunakan saja, tapi merawatnya juga. Sehingga barang/peralatan bisa awet ( walau dari pabrikannya sendiri ada batas pemakaian dengan hitungan ribuan jam)…
    sering terjadi barang bisa tetap awet walau sudah melampaui batas yg disyaratkan pabrik, ini artinya penggunaan barang bergantung juga dari si pemilik/pengguna….

    nice info sobat..salam kenal ^__^

    [Reply]

  • August 15, 2014 at 02:58
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 28.0.1500.71 on Mac OS X Mac OS X 10.6.8

    Using Ancient Rome 3D in Google
    Earth, you can explore Rome as it appeared in 320 A. The website speed test at Secret Search
    Engine Labs will analyze how fast a page on your site is
    loading and give you tips on how to improve it. And then on March 20, the world’s largest paid private blog network
    – BMR – announced that its vast network had been almost entirely de-indexed by Google, causing chaos in the internet marketing industries.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *