Tangkal Paham Radikalisme di Media Massa, FKPT Gelar Pelatihan Jurnalistik

Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kalimantan Timur menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi Wartawan dan Pengelola Media Massa di Aula Edotel SMKN 4 Balikpapan, Selasa (13/10/2015) kemarin.

Meski pelatihan ini ditujukan untuk Wartawan dan Pengelola Media Massa, Komunitas Blogger Balikpapan (B!BLOGGER) mendapat undangan khusus untuk menghadirinya, karena bagi FKPT, Blogger dianggap memiki cukup andil dan peran di Media Massa dalam pencegahan Terorisme.

Dua perwakilan B!Blogger, Bambang Herlandi dan Imam Hojali (Norjik), menghadiri pelatihan yang digelar dari mulai pukul 08.00 wita sampai dengan 14.00 wita.

Pembicara dan narasumber yang hadir adalah Ketua FKPT Kaltim, Dr H Hasyim Mi, Radje M.Si, kemudian Ketua Dewan Pers Prof Dr Bagir Manan, S.H, M.C.L dan Ketua Bidang Pemberdayaan Media Massa dan Sosialisasi FKPT Provinsi Kaltim, H.A Sofyan Masykur.

Media, menurut FKPT, merupakan strategi penting dalam melakukan kontra terorisme, karena saat ini media diakui dan diterima oleh masyarakat sebagai Penyampai Kebenaran serta mampu memicu ketidak sukaan publik terhadap kelompok teroris.

“Media massa bagai mata pisau, kadang efektif sebagai sarana pencegahan, kadang dimanfaatkan sebagai kepanjangan tangan kelompok teroris dalam menyampaikan pesan ke khalayak,” kata Sofyan Masykur dalam release persnya.

Selain itu, lanjut dia, saat ini media masih terkesan membesar-besarkan efek dramatis terorisme melalui pemberitaan dan peliputan. Peliputan terorisme masih terkesan sebagai komoditas perlombaan antar media dalam mendapatkan publikasi dan sumber terdepan.

“Daerah kita, Kaltim, masuk dalam jaringan rawan teroris karena Kaltim masuk dalam area perekrutan Teroris,” katanya.

Saat ini, menurut Sofyan, kelompok teroris telah memanfaatkan media sendiri (media alternatif) khususnya Media Online untuk merespon dan menandingi Media Mainstream.

Oleh karena itu, lanjut dia, Media Massa memiliki posisi strategis dalam melawan ideologi terorisme serta membentuk suatu tujuan bersama Common Objectives untuk menghadapi ancaman terorisme.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pers Prof Dr Bagir Manan mengungkapkan, Terorisme sangat nyata bertentangan dengan asas-asas dan peran pers, namun demikian bukan berarti tidak ada dilema dalam memberitakannya.

Disatu sisi, pemberitaan mengenai terorisme sangat penting bagi publik, namun disisi lain, pemberitaan ini dapat menimbulkan ketakutan pada masyarakat, bahkan, dapat menjadi sarana propaganda mengenai eksistensi terorisme.

Sisi negatif lain pemberitaan terorisme, menurut Prof Bagir Manan juga bisa meningkatkan kewaspadaan bagi mereka (Teroris, Red) sehingga makin sulit untuk dilacak dan diketahui secara dini.

Kemudian, lanjutnya, dilema lain adalah adanya para penyelidik atau penyidik yang acap kali berkepentingan dalam pemberitaan tersebut. Secara objektif, pemberitaan dapat digunakan sebagai sarana agar publik membantu memberikan informasi. Secara subyektif, pemberitaan dianggap sebagai sarana pengumuman mengenai prestasi penyelidik dan penyidik.

Menghadapi dilema-dilema itu, Bagir menghimbau agar pers menerapkan Self Censorship yaitu mempertimbangkan dengan cermat isi dan bentuk pemberitaan atau penyampaian informasi kepada publik.

“Pertimbangan-pertimbangan national interest, nastional security, investigation interest, public safety (bebas dari ketakutan) dan lain sebagainya sangat penting, lebih-lebih menyangkut terorisme, para petugas pemberantasan terorisme juga harus dapat mempertimbangkan dengan hati-hati informasi yang sudah layak atau belum layak disampaikan kepada publik,” tulis Prof Bagir Manan, Ketua Dewan Pers, dalam siaran persnya. (imam)

norjik

Bernama asli Imam Hojali, Alumnus Strata 1 STMIK AKAKOM Yogyakarta Jurusan Teknik Informatika. Menulis Blog sejak tahun 2006 di http://norjik.blogspot.com dan berlanjut di http://norjik.web.id, masih aktif sebagai Tenaga IT di salah satu Perusahaan Swasta di Kalimantan Timur

3 thoughts on “Tangkal Paham Radikalisme di Media Massa, FKPT Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • June 21, 2016 at 08:47
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 49.0.2623.110 on Windows Windows XP

    Mana lagi ini updatenya…. Apakah Blogger Balikpapan masih aktif.

    [Reply]

  • October 6, 2016 at 16:21
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 53.0.2785.143 on Windows Windows 7

    salam kenal

    [Reply]

  • January 26, 2017 at 18:41
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 46.0 on Windows Windows NT

    Masih aktif gk gan komunitasnya?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *