Sejarah Yang Terlupakan

Sejarah kota balikpapan. Ketika berbicara mengenai tempat wisata, hampir di pastikan semua masyarakat balikpapan akan tau dan hafal dimana tempat-tempat wisata di balikpapan, namun ketika di tanya tempat-tempat bersejarah di balikpapan rasanya tidak banyak dari mereka yang tau walau terkadang tempat ini di lalui hari-hari.

Kali ini kami team event 3on3 dari Blogger Balikpapan akan mengupas tuntas tempat-tempat bersejarah di balikpapan  dengan cara menelusuri dan meninjau langsung tempat-tempat tersebut. Ada 5 tempat bersejarah di balikpapan yang telah kami kunjungi yaitu :

1. Tugu Jepang (KM 12 – Balikpapan Utara)

Berada di KM 12 Balikpapan Utara, cukup jauh dari pusat kota. Banyak diantara teman-teman kami yang tidak mengetahui adanya tempat ini. Jika anda baru pertama kali mengunjungi tempat ini kami yakin, anda tidak akan percaya bawah di tempat ini terdapat Tugu Jepang beserta makamnya. Dan tempat tersebut kami abadikan dalam sebuah video yang dapat anda saksikan di bawah ini :

Jika anda perhatikan pada video di atas. Pintu masuk menuju tugu jepang tersebut tidak terlihat seperti sebuah jalan masuk, melainkan hanya seperti sebuah gang yang menuju ke pemukiman rumah warga setempat. Jalan menuju pemakaman tersebut pun terlihat kotor dan sangat horror jika anda pergi sendirian ketempat tersebut. Dari pantauan kami, terlihat tempat ini seperti tidak ada yang merawat dan menjaga. Perjalanan kedalam kurang lebih sekitar 30-40 meter hingga akhirnya kami menemukan sebuah tugu.

Photobucket

Gambar 1 : Nissan kuburan jepang

Photobucket

Gambar 2 : Karangan bunga yang di letakan di makan jepang oleh pengunjung

Pada photo di atas saya menemukan karangan bunga yang di letakkan diatas makam, namun saya tidak tahu pasti kapan pengunjung tersebut datang dan meletakkanya. Karena bunga yang di letakan di atas pemakaman tersebut sudah sangat rapuh. Berikut tayangan video yang kami rekam dari tempat ini :

 

2. Meriam Jepang (Gn. Bugis – Balikpapan Barat)

Photobucket

Gambar 3 : Meriam Jepang

Tempat kedua yang kami kunjungi adalah MERIAM JEPANG. Meriam Jepang ini dulunya dipergunakan sebagai senjata pertahanan jepang terhadap belanda dalam merebutkan wilayah sumur minyak di kota balikpapan. Meriam Jepang ini berada jauh di atas bukit, jalan yang di lalui pun sangat susah, tidak ada penunjuk jalan khusus menuju tempat ini, wajar jika banyak warga balikpapan  yang tidak mengetahui tempat bersejarah ini. Jika anda menggunakan kendaraan mobil sebaiknya anda memarkir kendaraan anda di bawah, karena tanjakan menuju tempat ini agak sedikit curam dan miring.

Terdapat 2 meriam besar yang berada di tempat ini, letaknya berada di sisi kiri dan kanan. Jika anda menyaksikan langsung meriam jepang ini dijamin anda pasti akan kagum karena meriam ini sudah ada sejak tahun 1945.

Kurang lebih 5 menit saya menatapi meriam ini dan berimajinasi membayangkan pertempuran yang terjadi pada saat itu. Namun sayang, tempat ini tidak lagi seperti sebuah tempat yang bersejarah dimana harus di lindungi dan di rawat. Karena di antara 2 meriam jepang tersebut terdapat tanggul air besar yang sengaja di pasang oleh PDAM. Jelas sekali nampak bertentangan dengan plang besar bertuliskan penjelasan mengenai perlindungan tempat bersejarah, tapi mengapa Tanggul Besar milik PDAM bisa berada di tengah-tengah meriam tersebut ? tidak ada tempat lain kah atau sengaja tidak perduli ?

Photobucket

Gambar 4 : meriam jepang tampak samping

Photobucket

Gambar 5 : meriam jepang tampak belakang

3. Tugu Demonstrasi (Karang Anyar – Balikpapan Barat)

 

Photobucket

Gambar 6 : Tugu Demonstrasi

Tugu ini dibangun untuk mengenang puncak demonstrasi masyarakat buruh minyak balikpapan pada tahun 1945. Keputusan demonstrasi pada waktu itu terbentuk atas hasil rapat pada tanggal 12 november 1945 , yang merupakan protes dan pemberontakan buruh terhadap para penjajah. Di tempat ini pula sebenarnya di rencanakan sebagai tempat pengibaran bendera merah putih pertama kali setelah kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Namun sayang keinginan untuk mengibarkan bendera merah putih di tempat ini gagal. karena banyak sekali buruh minyak yang melakukan pemberontakan pada waktu itu tewas di tempat ini. Berikut konsep bangunan asli monumen pengibaran bendera merah putih.

Photobucket

Gambar 7 : konsep bangunan asli monumen pengibaran bendera merah putih

Tempat ini termasuk salah satu tempat yang sangat bersejarah bagi warga kota balikpapan, namun sayangnya ketika kami baru saja tiba di lokasi, bendera merah putih yang seharusnya berkibar gagah di atas justru jatuh di tanah tanpa ada orang yang memperdulikan. Entah sudah berapa lama  bendera tersebut berada di tempat yang sangat tidak pantas itu (ditanah : red). Padahal tugu tersebut berada di tengah persimpangan kota yang cukup ramai dan juga berada dekat dengan pos polisi yang berhadapan langsung dengan tugu tersebut apakah mereka tidak tahu ? atau sengaja tidak mau tau ? apakah mereka benar-benar telah lupa akan jasa-jasa para pahlawan kita yang sudah dengan darah dan nyawa mempertahankan tempat ini ? Sungguh kecewa kami rasakan. Bendera lalu kami ambil dan kami kibarkan, namun sengaja kami kibarkan setengah tiang sebagai bentuk protes dan duka kami atas tidak di rawatnya tempat yang merupakan salah satu tempat bersejarah di kota balikpapan.

Photobucket

Gambar 8 : Bendera kami kibarkan setengah tiang

 

 

4. Sumur Mathilda (Jl.Minyak, Balikpapan Selatan)

 

 

Photobucket

Gambar 9 : sumur mathilda

Sumur Mathilda, inilah cikal bakal sebutan balikpapan sebagai kota minyak, karena sumur ini merupakan titik pengeboran minyak pertama di kota balikpapan. Sumur Mathilda berlokasi di jl.minyak tepat setelah gapura pertama jika anda datang dari arah pelabuhan semayang. Sumur Mathilda sendiri merupakan rebutan antara bangsa jepang dan bangsa belanda. Dulunya sumur minyak mathilda merupakan pengeboran minyak besar, namun karena terjadi perebutan antara bangsa jepang dan belanda sumur mathilda tersebut sengaja di hancurkan oleh bangsa belanda. Ini sengaja di lakukan oleh bangsa belanda ” jika kami tidak mendapatkannya maka kalian juga tidak mendapatkannya ” .

Photobucket

Namun sayangnya, tempat ini tertutup untuk umum sehingga kami pun hanya bisa meliput dari luar. Hal ini bisa kami maklumi karena tempat ini berada di wilayah kilang minyak pertamina balikpapan. Semoga kedepanya tempat ini bisa terbuka untuk umum, sehingga masyarakat balikpapan bisa mengetahui dimana titik pengeboran minyak pertama di balikpapan ini.

 5. Monumen Perjuangan Rakyat (Jl.Jend.Sudirman)

 

 

Photobucket

Gambar 10 : batu peresmian monpera balikpapan

Monumen perjuangan yang berdiri di jl.jendral sudirman ini dibangun untuk mengenang dua kejadian bersejarah di balikpapan. Yang pertama adalah penghalangan masyarakat balikpapan atas kedatangan pasukan belanda yang tiba di daerah pantai klandasan ilir yang  memakan banyak para korban bangsa belanda dan masyarakat balikpapan. Dan yang kedua, telah terjadi pembantaian massal oleh jepang terhadap serdadu belanda untuk memperebutkan sumur mathilda dimana pembantaian tersebut menewaskan kurang lebih 80 serdadu belanda beserta jendralnya. Monumen Perjuangan atau yang lebih di kenal sebagai MONPERA ini merupakan satu-satunya monumen yang benar-benar di rawat dan di tata rapi oleh pemerintah kota balikpapan.

Photobucket

Gambar 11 : patung yang melambangkan kerasnya perjuangan rakyat kaltim mengusir penjajah

Photobucket

Gambar 12 : Tangga naik menuju patung

Namun sayangnya, banyak masyarakat balikpapan sendiri yang tidak mau merawat dan menghargai tempat ini. Dalam pantauan kami di lokasi, banyak sekali terdapat coret-coretan pada dinding monumen tersebut. Dan saat malam pun, tempat ini justru sering di pergunakan oleh pasangan muda mudi memadu kasih, padahal di tempat ini terdapat patung besar yang melambangkan betapa kerasnya perjuangan rakyat balikpapan masa lalu melawan para penjajah yang ingin menguasai wilayah balikpapan, apakah mereka tidak tau ? atau pura-pura tidak tau ? sungguh ironis rasanya.

Demikian ulasan 5 tempat bersejarah di balikpapan dari kami, kedepannya kami berencana untuk melakukan city tour bersama pelajar dan muda mudi agar mereka lebih mengenal dan peka terhadap tempat bersejarah di balikpapan

anggialfonso

Blogger Balikpapan yang juga aktif di berbagai organisasi sosial di balikpapan, memiliki hobi fotography, web design dan musik

34 thoughts on “Sejarah Yang Terlupakan

  • November 20, 2011 at 16:07
    Permalink
    Using Blackberry Blackberry 9500

    Trims atas pencerahannya.
    Semoga kita bisa lebih menghargai sejarah.

    [Reply]

  • Pingback: Akhirnya semua sesuai target AnggiAlfonso

  • November 20, 2011 at 17:54
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 7.0.1 on Linux Linux

    dari 5 tempat bersejarah di balikpapan ini jujur saja saya cuman tau 1 tempat yaitu Monpera mas, terimakasih ulasanya jika ada waktu saya juga pingin datang ketempat-tempat ini

    [Reply]

  • November 20, 2011 at 18:27
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.120 on Windows Windows 7

    Informasi yang sangat bagus dan menarik ini :d
    Terima kasih ya mas atas informasinya..

    [Reply]

  • November 20, 2011 at 18:29
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.120 on Windows Windows 7

    yang jadi modelnya juga keren-keren tuh, haha :d

    [Reply]

    norjik Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 7.0.1 on Linux Linux

    bersyukur kita punya team-team yang ganteng b-)

    [Reply]

    fandiewardhana Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 7.0.1 on Windows Windows XP

    Makasih ya, saya memang ganteng. =))

    [Reply]

    tyodongss Reply:

    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows 7

    hahahhaha :D

  • November 20, 2011 at 19:21
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Windows Windows 7

    sejarah penting Kota Balikpapan semoga saja warga Balikpapan bisa menghargai sejarah kotanya dengan tidak merusak peninggalan-peninggalan yg masih tersisa, ulasan yang sangat berharga buat warga Balikpapan yg belum tahu kalau tempat-tempat seperti ini ternyata ada di Balikpapan :)>-

    [Reply]

  • November 21, 2011 at 05:58
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.24 on Windows Windows XP

    waah saya pengen banget ke balikpapan, suatu saat nanti. .thks infonya hehe

    [Reply]

    Tyodongss Reply:

    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows 7

    iya mbaa, disini banyak tempat wisata juga lho :D hehe

    [Reply]

  • November 21, 2011 at 09:19
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows 7

    Semoga Dinas Pariwisata Kota Balikpapan Membaca situs ini :):”>

    [Reply]

  • November 21, 2011 at 09:39
    Permalink
    Using Opera Opera 9.80 on Windows Windows XP

    wah, saya yang belum kesampean ya ke tugu jepang itu tuh.. ini tulisan saya tentang tugu australia –> http://clinicoustic.blogspot.com/2011/07/beloved-east-coast-been-to-tugu.html

    siapa tau bisa jadi inspirasi juga, and feel free to use my photos blog.. :)

    [Reply]

    norjik Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 7.0.1 on Linux Linux

    mau koment di blog mba markati gk bisa nih, gk punya akun blogspot :(( btw, tugu australi tuh yg di tengah jln tuh ya mbak ? sering bngt lwt situ tp gk tau kl itu juga termasuk salah satu peninggalan sejarah

    [Reply]

    clinicoustic Reply:

    Using Opera Opera 9.80 on Windows Windows XP

    wah mas norjik iki piye to?? wkwkwkk iya, saya udah tau tugu australia itu dari tahun 2007 pas pertama datang ke bpn, dulu diajakin keliling2 sama kakak dan dijelasin juga sejarahnya.. :D

    [Reply]

  • November 21, 2011 at 09:42
    Permalink
    Using Opera Opera 9.80 on Windows Windows XP

    btw, kalo komeng di sini ketauan banget ya yang masih pake windows.. yang pake linux cuma mas norjik aja *OOT* :D

    [Reply]

    norjik Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 7.0.1 on Linux Linux

    ha 3x mbak bisa aja, saya pake dua2nya koq mbak :) windows dan linux. tergantung kbutuhan sih. kl g bisa di krjakan di linux ya saya ke windows, bgtu pula sbaliknya mbak he 3x :):)

    [Reply]

  • November 22, 2011 at 01:18
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 16.0.912.0 on Windows Windows XP

    Balikpapan itu eksotik banget ya? Jadi pengen ke sana.

    [Reply]

    tyodongss Reply:

    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows 7

    iya mas, banyak pemandangan menarik disini :)

    [Reply]

  • November 22, 2011 at 02:00
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 7.0.1 on Windows Windows XP

    Yang jelas, Balikpapan bukan hanya kota yang baru terbangun oleh orang2 pendatang. Namun juga ada sejarah, perjuangan dan cerita di dalamnya. Namun seiring jalan Pemerintah kurang mempedulikan aset dan situs kota.

    Seperti halnya yang kami temui pada saat ke monumen perjuangan buruh 13 september di daerah simpang karang anyer (sekarang di depan gate 5 Pertamina), bendera yang terjatuh dan lepas dari tali dan tiangnya sepertinya sudah lama tidak di kibarkan. Bahkan bendera merah putih yang selalu di kasih hormat setiap seninnya oleh pemerintah itu kami temukan dalam keadaan basah. Sungguh mengenaskan.

    jadi kami harap pemerintah bisa memperhatikannya. :-?

    [Reply]

    norjik Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 7.0.1 on Windows Windows XP

    betul sekali mas :)>-

    [Reply]

  • November 22, 2011 at 02:13
    Permalink
    Using Blackberry Blackberry 9500

    Mari kita buktikan bahwa para Blogger khususnya B!Blogger peduli dengan sejarah Kota Balikpapan dengan mewujudkan even city tour blogging.

    Mohon dukungan dari Semua pihak. ;)

    [Reply]

  • November 22, 2011 at 02:15
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows XP

    semoga penelusuran selama hampir 5 hari berturut-turut ini bisa memberikan manfaat dan effect positif kepada masyarakat balikpapan:”>

    [Reply]

  • November 22, 2011 at 08:46
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows XP

    salut uiyyy buat pengetiknya kata2nya keren 😀
    semoga kita menang cos diliat dari modelnya ganteng2 semua hahahaha 😀 😀 😀

    [Reply]

  • November 22, 2011 at 16:37
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Windows Windows XP

    Penelusuran yang menarik, dan bisa menambah referensi bagi siapa saja dari daerah lain yang ingin berkunjung ke Balikpapan

    [Reply]

  • November 22, 2011 at 22:37
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows 7

    Jujur walau saya di lahirkan di Balikpapan, namun dibesarkan di Jakarta saya tidak pernah tau tempat2 sejarah tersebut kecuali monpera dan tugu Australia.

    Dengan adanya tulisan yang menurut saya penuh dengan informasi yang membuka cakrawala pengetahuan kita-kita terhadap kota Balikpapan.

    Thank you guys telah membuat tulisan ini dan mengangkat kota Balikpapan melalui tulisan ini. Sejarah tak akan mati kalau kita sebagai penduduknya mengenal kota Balikpapan luar dalam

    [Reply]

  • November 23, 2011 at 08:31
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.24 on Windows Windows 7

    Terima kasih liputannya. Saya pendatang baru di Balikpapan. Hobby jalan-jalan mencari keunikan di kota ini. Selama ini saya selalu googling tempat wisata yg bisa dikunjungi, tapi sayang infonya minim sekali,dan tidak up to date. Dan akhirnya bertemu dengan liputan ini, senang sekali rasanya,karena infonya up to date dan disajikan dengan apa adanya, ini menambah wawasan saya, dan insyaAllah akan mengunjunginya satu persatu.

    [Reply]

    tyodongss Reply:

    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows 7

    selamat menjelajahi kota Balikpapan yaa :) banyak tempat menarik lainnya juga disini 😀

    [Reply]

  • November 24, 2011 at 04:29
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows XP

    buat teman-teman blogger yang berada di luar kota balikpapan yang membutuhkan informasi balikpapan, bisa hubungin teman-teman di sini.

    [Reply]

  • November 28, 2011 at 17:43
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Windows Windows XP

    info sejarah yang sangat berguna bagi pembaca…

    [Reply]

    tyodongss Reply:

    Using Google Chrome Google Chrome 15.0.874.121 on Windows Windows 7

    selamat membaca om :)

    [Reply]

  • December 2, 2011 at 21:05
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 6.0.2 on Windows Windows 7

    Sesuatu yang mungkin bisa menjadi pelajaran. 😀

    [Reply]

  • December 23, 2011 at 10:25
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    beberapa tempat sudah pernah saya kunjungi….menarik karena memang ada yang belum dan saya baru tahu setelah membaca ini..thanks alot sobat….ditunggu lagi artikel tentang Balikpapan

    [Reply]

  • February 7, 2012 at 15:03
    Permalink
    Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows 7

    bagus bgt artikelnya.. ^^
    banyak memang yang tidak tahu mengenai heritage object di bpp.
    semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah informasi mengenai balikpapan
    karena sangat sedikit sekali info yang kita bisa dapat dari internet mengenai balikpapan.
    dinas pariwisata juga sedang mendata heritage object di bpp yang jumlahnya ternyata lebih banyak dari yang anda sebutkan diatas.
    mungkin akan segera di progress untuk maintenancenya.
    terima kasih artikelnya^^

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *