Sedikit mengenai Alexa Rank dan Google PageRank

Alexa rank dan Google page rank, kalo yang udah lama nge-blog mustinya udah tau donk dengan kedua hal ini. Bahkan mungkin ada yang udah targetin dari awal tahun kalo pada akhir tahun blognya musti dapet rank segini saking fanatiknya dengan rank tersebut, ada juga yang beranggapan ‘Rank itu ga penting, yang penting adalah isi blog loe sob, bisa bermanfaat ga buat yang baca’, kalo gw blg statement ini ada benernya, tapi jangan dijadiin senjata buat ngeles ya kalo ranknya masih rendah. Kalo ditanya soal pengalaman gw tentang rank, dulu gw ga terlalu concern mikir kesitu, tapi karna sering liat orang pasang widget rank di blog mereka, dan ranknya juga tinggi makanya gw mulai coba naikin rank blog gw, but, gmn caranya?? Kali ini gw bakal share tips n trik naikin Alexa Rank n Page Rank versi meLodiazz ya (lebih kepada cara natural).

 1. Perbanyaklah artikel yang nanti bakal banyak dicari orang.

Ini yang musti kita lakuin duluan daripada yang laen menurut gw, karna istilahnya kita musti siapin dulu isi blog kita sebelum blog kita terkenal. Terus artikel yang banyak dicari orang tu yang kaya gimana sih?? ok, pertama-tama kita pilih dulu kategori yang mau kita ambil, kategori ini musti bener-bener kita kuasaain juga, jadi kalo pembaca nanti nanya ato gmn2 kita bisa jawab dengan benar. Setelah menentukan kategori, baru kita mulai dengan postingan2. nah kalo di blog personal gw sendiri gw perbanyak artikel dengan kategori komputer, mulai dari yang tngkatan basic sampe menengah, n keukti di blog stat gw orang-orang lebih banyak nyari artikel yang seperti itu. Nanti setelah blog kita mulai banyak visitornya, baru deh kita mulai posting artikel yang ga banyak dicari orang, yang gimana maksudnya? ya mulai dari laporan kegiatan kamu sehari-hari, laporan liburan kamu ke bali, ato apa ajalah yang kira-kira orang jarang nyari.

2. Blogwalking

Sesuai namanya, kamu cuma perlu jalan-jalan aja mengitari blog-blog yang lain, mulainya darimana? ya bisa dari blogroll temen-temen kamu, terus baca artikel mereka, kemudian kasih tanggapan yang positif untuk artikelnya di kolom komentar, jangan lupa sertain link ke blog mu juga, abis itu cari lagi blog yang lain, dst. Selain bisa menambah kenalan blogger, cara ini bisa menambah wawasanmu juga.

 3. Berikan kenyamanan di dalam blog.

Ketika ada visitor yang datang ke blog kita, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja, berarti pada saat itu dia seperti seorang pelanggan yang masuk ke dalam sebuah toko. Apalagi kalo visitor itu baru pertama kali dateng, ini bakal penting banget, kaya seorang pelanggan yang baru masuk ke sebuah toko ini adalah moment yang bakal menjadi “First Impression” buat mereka, yang menjadi hal pertama yang bakal mereka liat adalah display, maka buatlah design blog mu menarik (cukup buat perpaduan warna yang match aja sebenernya udah cukup) oia, jangan lupa juga visitor mencari akses yang cepat, jadi jangan terlalu banyak memasang widget yang ga terlalu penting sehingga mempelambat loading blog.  Kemudian yang mereka liat adalah display artikelmu (balik lagi ke perpaduan warna, ditambah apakah artikel mu cuma text doank atau ada gambarnya), baru setelah itu dia bakal mengonsumsi artikelmu (disini kualitas artikel km bakal diuji). Kalo dalam ketiga hal ini kamu berhasil, visitor akan senang, dan mungkin akan add bookmark ke blogmu, dan kedepannya bakal jadi promosi berjalan.

 4. Be Yourself blog!!

Yang gw maksud disini adalah isi artikel mu, ga perlu copas artikel dari tempat lain demi banyaknya kunjungan ke blog mu, karna meskipun cara ini cukup menjanjikan, tapi rasanya bakal beda ketika kamu dapetn rank dengan artikel yang emang dari kalian sendiri. dan lagipula untuk apa harus menjadi ‘blog’ lain kalo kamu bisa jadi ‘blog’ mu sendiri ?? bener gak? bener donk..

Sebelum gw ngepublish postingan gw pasti baca ulang dari awal atau istilahnya gw preview dulu. dan ternyata isi artikel ini sepertinya cukup melenceng dari judul dan rencana saya. Soalnya sama sekali ga ngebahas soal SEO, Backlink, dsb. Tapi setelah gw pikir-pikir hal-hal yang kaya gitu udah terlalu banyak dibagikan di tempat lain, jadi gak apa-apa kalo kali ini saya kasih cara yang lebih natural lagi.

Ok, mungkin ada yang bertanya “gw udah lakuin semua ini, tapi kok rank gw ga naik-naik sih??” bersabarlah brother, untuk segala sesuatu ada waktunya, perlu proses, kalo pingin yang instant beli aja indomie di warung sebelah, hehe :p. intinyasih tetap tekun aja lah, apalagi kalo google page rank kan mereka updatenya 3 bulan sekali (kalo ga salah), jadi ga bisa diliat langsung perubahannya.

meLodiazz Sihombing

I am a servant of the Great God, Love Music and Programming. Able to playing Guitar, Bass, n Drum (Piano and other instrument is still on the progress). Still learning Basic and PHP Programming.

2 thoughts on “Sedikit mengenai Alexa Rank dan Google PageRank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *