Pelayanan Samsat Balikpapan

Hari ini saya benar-benar membuktikan bahwa untuk mengurus perpanjangan pajak kendaraan bermotor roda 2 tidak lebih dari 30 menit di Samsat Balikpapan, dulu saya pernah membaca di Harian Kaltim Post (saya lupa edisi kapan) bahwa Kepolisian Resort Kota Balikpapan telah mengembangkan inovasi dalam pelayanan Samsat Balikpapan. Proses singkat, pelayanan ramah, informasi yang memadai, loket-loket yang rapi teratur guna mendukung pelayanan, dan system yang sudah terkomputerisasi. Ditambah dengan personel kepolisian yang melayani sudah tidak terlihat sangar seperti dulu (menurut saya). Sekarang sudah tidak ada lagi istilah Calo atau Joki dalam mengurus surat-surat kendaraan bermotor, tidak terkesan berbelit-belit, semuanya mudah, bahkan orang yang tidak mengerti atau tidak pernah mengurus pajak atau pengesahan 5 tahun sekalipun dapat dengan mudahnya memahami alur & prosedur yang dijelaskan oleh bagian pendaftaran atau informasi. Berikut saya berikan gambaran bagaimana mengurus perpanjangan pajak 1 tahun sebagaimana yang baru saja saya alami :

Pertama-tama siapkan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah), STNK dan KTP asli serta Fotocopynya, kemudian daftar di bagian pendaftaran untuk mendapatkan nomer antrian.

Mbak di bagian pendaftaran ini sangat-sangat ramah, dan saya juga baru tahu bahwa untuk perpanjangan pajak 1 tahun tidak diperlukan Fotocopy BPKB kendaraan.

Setelah mendapatkan nomer antrian yang menggunakan system computer, saya diberikan map yang berisi berkas-berkas dari kendaraan saya, kemudian oleh petugas diarahkan untuk ke loket 6.

Oleh petugas di loket 6, nomer antrian saya dikembalikan dan saya disuruh menunggu lagi untuk dipanggil oleh kasir di loket 7/8 untuk melakukan pembayaran.

Nah, dibagian ini yang agak lama, kurang lebih sekitar 15 menit baru nomer antrian saya dipanggil, setelah melakukan pembayaran nomer antrian tetap saya pegang dan lagi-lagi disuruh menunggu untuk pengambilan SKPD yang telah diperbaharui di loket pengambilan yaitu loket 9.

Sebagai warga Negara yang baik harus taat pajak, meskipun tenggak waktunya masih lama tapi saya bayar 10 hari sebelumnya.


Tidak sampai 10 menit saya dipanggil, horeee… sudah jadi dan sudah selesai, tanda tangan terus ambil SKPD yang sudah jadi. Dan saya hitung lama waktu saya berada di Samsat ini tidak sampai 30 menit, saya datang jam 9.40 pagi kemudian saat saya mengambil SKPD saya, jam menunjukkan pukul 10.07. mantab!!!

Semoga kedepannya semua instansi kepengurusan yang bersifat surat-menyurat seperti ini, baik pemerintahan maupun swasta bisa cepat dan mudah, karena selain keteraturan yang kita dapat jika memudahkan orang lain, pahala pun juga kita dapatkan, karena telah membantu banyak orang dalam mempermudah urusannya.
Balikpapan, Selalu kubangun, kujaga, kubela
Salam.
Hizrah Saputra

5 thoughts on “Pelayanan Samsat Balikpapan

  • December 21, 2011 at 23:18
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 10.0.648.151 on Windows Windows 7

    Mudah-mudahan layanannya tetap memuaskan, sayang khan dah ISO :)

    [Reply]

  • December 22, 2011 at 23:51
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    wah, skrg mudah ya mengurus sendiri :) nice info

    [Reply]

  • December 23, 2011 at 09:25
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 8.0 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    memang sudah banyak berubah……tapi calo masih ada kok….

    Dengan prosedur pengurusan yang sudah demikian mudah dan singkat, orang yang menggunakan jasa calo semakin berkurang….kecuali memang ada kesibukan yang sangat, hingga ga ada kesempatan datang ke samsat.

    [Reply]

  • August 30, 2016 at 11:54
    Permalink
    UsingUnknown browser

    Kalo kita beli kendaraan bekas gan trus foto copy KTP nya ilang gimana apakah bisa ngurus balik nama..?/

    [Reply]

  • October 26, 2016 at 13:05
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 53.0.2785.143 on Windows Windows 7

    bagaimana cara mengecek nomor kendaraan secara online sekaligus pemiliknya?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *