Ngopi yuks !!!

Siapa sih yang ga kenal sama kopi. semua orang kenal sama kopi, bahkan hampir semua orang sudah pernah minum kopi, dari kopi item yang pait, sampai kopi yang udah di blend atau dicampur sama bahan-bahan lainnya. Dari biji kopi yang langsung dipetik dari pohonnya, sampe kopi yang dimakan luwak terus biji kopi hasil kotorannya luwak tersebut diolah kembali dan menjadi kopi yang sangat mahal. kamu pasti udah kenal juga kan sama kopi? kalo belom kenal, kenalan gih, dijamin ga nyesel dan bikin ketagihan. Ini nih aku kenalin yah sama yang namanya kopi,cekidot!!! Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia  dimana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab  mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi disana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.
Biji kopi sampai di Indonesia dibawa oleh seorang warga negara Belanda bernama Zwaardecroon, membawa beberapa benih tanaman dari Makkah  ke Bogor. Dan, menjadi tanaman komoditas terpenting di Hindia Belanda. Setelah itu tanaman kopi yang ditanam dijawa diteliti oleh ilmuwan Belanda di Amsterdam, dan pada tahun 1714 M Kopi Jawa hasil penelitian oleh Belanda diperkenalkan dan ditanam di Jardin des Plantes oleh raja Louis XIV.
Menurut informasi yang aku tau nih teman-teman varietas kopi ada 2 jenis, Varietas kopi mengacu pada subspesies kopi . Biji kopi dari dua tempat yang berbeda biasanya juga memiliki karakter yang berbeda, baik dari aroma (dari aroma jeruk sampai aroma tanah), kandungan kafein rasa dan tingkat keasaman. Ciri-ciri varietas kopi  tergantung pada tempat tumbuhan kopi itu tumbuh, proses produksi dan perbedaan genetika subspesies kopi. Varietas kopi di dunia ini yaitu varietas kopi arabica dan varietas kopi robusta.
Varietas kopi arabica
Kopi dari spesies kopi arabica memiliki rasa yang kaya daripada kopi robusta. kopi arabica memiliki banyak varietas. Tiap varietas memiliki ciri yang unik. beberapa varietas kopi arabica yang terkenal yaitu, Kopi Kolombia, Kopi Jawa, Sumatra Mandheling dan Sumatra Lintong, Kopi gayo, Mocha, dan masih banyak lagi. dan adapula kopi arabica campuran yaitu, Biji kopi biasanya dicampur untuk keseimbangan rasa dan kompleksitas aromanya. Salah satu campuran tradisional yang tertua adalah Mocha-Java, terdiri dari biji kopi yang sama namanya. Rasa coklat yang khas sangatlah cocok dengan Cafe mocha, yang merupakan minuman kopi yang dicampur dengan coklat. Saat ini campuran Mocha-Java biasa dicampur dengan varietas lainnya untuk menciptakan ciri khas yang unik.
Varietas kopi robusta
Salah satu varietas kopi robusta yang terkenal adalah kopi luwak dari Indonesia dan Kape Alamid dari Filipina. Biji kopi ini dikumpulkan dari musang luwak. Kopi ini memiliki rasa yang khas. Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an. Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, mencapai USD100 per 450 gram.
Nah itu tadi sejarah dan varietas-varietas kopi, nah kopi yang selama ini orang-orang masih banyak beranggapan bahwa buruk bagi kesehatan, itu ga sepenuhnya bener loh teman-teman. Tau ga sih ternyata kopi itu banyak banget manfaatnya untuk kesehatan maupun kecantikan. nah mau tau apa aja kan mafaat dari kopi itu, nih aku share yah…
Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.
Beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:
  • Untuk menghindarkan diri dari serangan jantung dan stroke. Kopi memiliki kandungan yang dapat menghindarkan kita dari serangan jantung hingga stroke. Hal ini telah dibuktikan pada suatu studi yang melibatkan lebih dari 83000 wanita dengan usia 24 tahun lebih. Mereka minum 2-3 cangkir kopi/hari. Hasilnya menunjukan bahwa wanita-wanita tersebut memiliki resiko 19% lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsi kopi. Hal tersebut juga dilakukan terhadap beberapa pria Finlandia. Dan hasil yang diperoleh juga relatif sama.
  • Untuk menghindarkan dari Serangan Kanker. Manfaat kopi ini diketahui dari berbagai riset yang dilakukan secara konsisten oleh para peneliti. Hasilnya menunjukan bahwa kanker hati, kanker usus besar, hingga kanker payudara dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi.
  • Untuk mencegah penyakit Sirosis.
  • Untuk menghindarkan diri dari penyakit Parkinson.
Nah kalo yang ini manfaat kopi untuk kecantikan nih temen-temen
– Memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemah ditubuh yang dapat menimbulkan selulit.
– Menghilangkan bekas jerawat, noda hitam, dan flek
– Menjaga kelembaban kulit
– Memperbaiki kulit yang rusak dan mengangkat sel kulit mati
– Menghilangkan bau badan
– Menghilangakan stress
– Menetralkan kulit yang teriritasi dan memberikan nutrisi pada kulit
– Menghilangkan selulit
Tapi temen-temen kopi juga ada efek negatifnya loh kalo kita mengkonsumsi nya secara berlebihan, Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul kalo temen-temen mengkonsumsinya secara berlebihan.
Ternyata kopi itu SESUATU banget kan temen-temen, udah enak bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan pula. mulai sekarang demi hidup sehat konsumsi kopi dengan teratur setiap hari, eits tapi jangan berlebihan yah temen-temen.
Kopi juga asik banget loh dijadiin temen buat santai, nongkrong, lagi kerjain tugas. sekarang aja udah banyak tuh kafe-kafe yang berlabelkan kopi, jadi udah gusah bingung lagi cari tempat  buat nikmatin kopi dengan suasana cozy.
Temen-temen NGOPI YUKS!!!! 😀

tari

Seorang mahasiswi Fisipol Universitas Mulawarman, Aktivis kampus, calon sarjana ilmu politik, calon orang sukses.Amin. Dunia Blogging sudah saya kenal sejak SMA, tapi baru aktif lagi 2012 ini. I'm come back!!!!. Hobby, blogging, traveling, singing, and also hang out.Friendly person. :D

8 thoughts on “Ngopi yuks !!!

  • February 28, 2012 at 11:25
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 10.0.2 on Windows Windows 7

    wah tulisan aku masuk lagi….thank u so much min, i’m so proud of it 😀

    [Reply]

  • February 28, 2012 at 17:00
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 17.0.963.56 on Windows Windows 7

    wew, suka ngopi juga kah mba ? :O

    [Reply]

    tari Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 10.0.2 on Windows Windows 7

    wooo suka dongs mas nya :3

    [Reply]

  • March 2, 2012 at 11:29
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.26 on Windows Windows 7

    sy juga suka ngopi, kpn2 bole y mba ngopi bareng..
    salam kenal mba..

    [Reply]

    tari Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 10.0.2 on Windows Windows 7

    ok, ntar skalian kopdar sama bubuhan bbloger yah…salam knal balik

    [Reply]

  • March 4, 2012 at 21:46
    Permalink
    Using Opera Opera 9.80 on Windows Windows XP

    Ulasan Artikelnya, Gua banget coz tiada hari tanpa kopi, entah mengapa kalo ga ngopi serasa ada yang hilang dalam hidup ini,hehe…. apalagi di Jogja, suasana dingin banget euy, serasa hangat menikmati kopi disore hari sambil menikmati gorengan. mantab dab…! thanks atas sharenya mba..

    [Reply]

    tari Reply:

    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 10.0.2 on Windows Windows 7

    you’re welcome masnya..makasih juga udah baca artikel ini.. :)

    [Reply]

  • June 19, 2012 at 17:09
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 12.0 on Windows Windows XP

    nice article..
    mba tari saya mw nanya dong klo udah kecanduan kopi bisa di ilangin ga yah??
    klo bisa gmn caranya?
    thanx

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *