Mau Bisnis ? Lakukan saja

Banyak orang menginginkan punya bisnis sendiri, tetapi mengapa hanya sedikit orang yang bisa mewujudkan keinginannya itu? Sebenarnya hanya ada satu alasan, kenapa hanya sedikit orang yang bisa mewujudkan keinginannya itu; yah – sedikit orang itu ternyata punya senjata untuk yang dinamakan “keberanian”. Sesungguhnya modal utama untuk memulai suatu bisnis sendiri adalah “keberanian”. Sedangkan hal-hal lainnya sebenarnya bisa menyusul belakangan. Memulai bisnis sendiri memang harus siap dengan segala resiko yang akan terjadi nanti. Seorang Entrepreneur harus selalu siap menghadapi resiko apapun itu, yang akan menghambat jalan roda bisnisnya. Ini dibutuhkan sebuah “keberanian”. “Keberanian” dalam hal ini punya arti luas sekali. Keberanian dalam berpikir di luar jalur pemikiran orang-orang kebanyakan. Berani memikirkan hal-hal yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain. Berani berpikir ke luar dari jalur berpikir logika rasional. Berani dicemooh atau diremehkan orang lain. Yah – “keberanian” inilah yang tidak semua orang mempunyainya.

Jika Anda sudah terbersit sebuah keinginan untuk memulai bisnis sendiri, segera lakukanlah; pupuklah keberanian Anda, jangan ragu-ragu untuk memulainya, langsung saja take action. Kalau keinginan untuk berbisnis sudah menggoda Anda, langsung saja lakukan tindakan ke arah sana, jangan terlalu banyak berteori dan berhitung-hitung. Hal itu bisa Anda lakukan sambil jalan menekuni bisnis baru Anda.

Apalagi yang kurang? Keberanian? YA… Jika hal ini masih Anda rasakan, saya bisa memberikan saran istimewa, yaitu “lakukan saja”. Yah – Anda harus segera melakukan apa yang masih menjadi kekhawatiran atau ketakutan Anda. Jika Anda ingin berbisnis dan masih ragu-ragu atau khawatir atau takut, langsung lakukan saja – just do it; maka keraguan, kekhawatiran atau ketakutan itu akan lenyap seketika, dan digantikan oleh keberanian. Setelah “keberanian” untuk berbisnis ini sudah menguasai Anda, sembari menjalankan bisnis, Anda tinggal melengkapi saja dengan berbagai ketrampilan yang dibutuhkan.

Pokok terpenting untuk memulai bisnis disini adalah: “keberanian”, hal ini bisa Anda dapatkan jika Anda segera saja memulai bisnis sendiri, jangan terlalu berhitung dulu di awal memulainya, nanti Anda malah terlalu banyak berteori; sehingga Anda bahkan tidak berani segera memulai bisnisnya. Lakukan saja langsung dan Anda akan berani berbisnis.

Ingatlah, memulai suatu bisnis ibaratnya membuat sebuah bola salju, kemudian kita coba menggelindingkannya; mungkin di awal-awal masih belum begitu terlihat mencolok perubahannya, tetapi coba gelindingkanlah terus bola salju itu; maka semakin lama dia akan semakin membesar dan terus bertambah besar – seperti itulah hukum bisnis. Jika Anda tekun menjalankannya, maka akan semakin besar pula bisnis yang Anda jalankan. Ketekunan dalam menggelindingkan atau menjalankan roda bisnis inilah yang akan menjadikan bisnis Anda semakin besar. Jadi kuncinya, segera mulailah berbisnis, jangan ragu-ragu dan tekunlah dalam menjalankannya, sehingga bisnis Anda akan semakin besar dan semakin kuat.

Nah, setelah Anda sudah memiliki keberanian untuk berbisnis sekarang juga; berikut ini saya sampaikan sebuah Konsep Kewirausahaan, yang sudah dituliskan sebelumnya oleh para konseptor bisnis berdasarkan kenyataan di dunia bisnis sesungguhnya. Begini bunyinya:

Konsep Dasar Kewirausahaan:

  • Suatu proses penciptaan sesuatu yang baru (kreasi) dan membuat sesuatu berbeda dari yang sudah ada (inovasi), yang tujuannya adalah tercapainya kesejahteraan individu dan nilai tambah bagi masyarakat. (RAYMOND KAO)
  • Suatu usaha untuk menciptakan nilai, melalui suatu Peluang bisnis dengan mengambil Resiko yang tepat serta melalui ketrampilan komunikasi dan manajemen untuk memobilisasi sumber daya manusia (SDM), modal dan barang; guna suatu keberhasilan. (JOHN KAO)

sumber: wuryanano.com

erwin

Panggil saja saya dengan panggilan "Blogger Matre", bukan karena saya materialistis tetapi karena saya lebih suka menulis artikel di bidang INTERNET MARKETING

One thought on “Mau Bisnis ? Lakukan saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *