Jembatan Mahakam = “Konstruksi atau Korupsi” ?

Tanggal 26,merupakan hari yang menyedihkan di tanah Kalimantan,khususnya Kalimantan Timur. Mengapa demikian? Jembatan Mahakam yang menghubungkan antara Samarinda-Tenggarong kemarin sore runtuh secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Dan informasi yang baru saja diterima,banyak kendaraan roda dua dan roda empat “nyungsep” ke sungai yang tepat berada dibawah Jembatan Mahakam,setidaknya diketahui empat orang dinyatakan tewas di tempat perkara. Tragis.

Yang akan dibahas disini,bukanlah mengenai penyebab runtuhnya jembatan tersebut,melainkan dibaliknya berdiri jembatan tersebut. Jembatan Mahakam,dibangun pada tahun 1995-1999 dan diresmikan tahun 2001 dengan menghabiskan dana APBD lebih dari 1 miliar rupiah. Dari sisi positifnya,jarak antara Samarinda dengan Tenggarong bisa ditempuh dalam waktu yang relatif singkat. Jembatan ini dibangun menyerupai Golden Gate,San Fransisco,Amerika Serikat dan termasuk dalam kategori suspension cable bridge.

Dengan masa pengerjaan selama 4 tahun,setidaknya hampir tidak dapat dikatakan bahwa jembatan ini akan runtuh dalam kurun waktu yang singkat. Sebagai buktinya,tengok jembatan yang ada di Samarinda. Jembatan tersebut sudah dibangun dalam waktu yang lama,dan bertahan selama puluhan tahun.

Jembatan tersebut dibangun oleh salah satu kontraktor yang berada dikawasan tersebut. Dan dengan dana APBD yang lebih dari 1 miliar ini,mungkinkah dana tersebut telah berpindah alamat? Mungkinkah dana tersebut digunakan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab? Apakah ini ada kaitannya dengan pemerintah? We don’t know.

 

farahclara

you are what you wear.

6 thoughts on “Jembatan Mahakam = “Konstruksi atau Korupsi” ?

  • June 29, 2016 at 01:39
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 40.0.2214.111 on Windows Windows 7

    I can imagine that post being especially difficult to write Linda. Well done for hiilgighthng, so sensitively, something that will be an unspoken issue for many grieving families. You’re doing a brilliant job pal. xx

    [Reply]

  • October 22, 2016 at 23:07
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 41.0 on Windows Windows 7

    Whats up. Very nice blog!! Guy .. Excellent .. Wonderful .. I’ll bookmark your blog and take the feeds also…I’m happy to find so much useful info right here within the post. Thanks for sharing…

    [Reply]

  • November 5, 2016 at 13:59
    Permalink
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 41.0 on Windows Windows 7

    …traigosangredelatardeheridaenlamanoyunavelademicorazón parainvitarteydarteestealmaque vieneparacompartircontigotubelloblogconunramilletedeoroyclavelesdentro…desde mis HORAS ROTASY AULA DE PAZ TE SIGO TU BLOG CON saludos de la luna alreflejarse en el mar de lapoesía…AFECTUOSAMENTE BLAIR FRIEDEMANDESEANDOOS UNAS FIESTAS ENTRAÑABLES OS DESEO FELIZ AÑO NUEVO 2010 Y ESPERO OS AGRADE EL POST POETIZADO DE LA CONQUISTA DE AMERICA CRISOL Y EL DE CREPUSCULO.Joséramón…

    [Reply]

  • December 14, 2016 at 20:39
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 40.0.2214.111 on Windows Windows 7

    Een mooi gedicht ! Ik ben gek op gedichten maar het rare is dat ik deze dichter niet ken (volgens mij),even gegoogeld en lees dat hij overleden is.Vandaar jouw eerbetoon !

    [Reply]

  • April 18, 2017 at 23:58
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 40.0.2214.111 on Windows Windows 7

    It appears to me that this web site doesnt download on a Motorola Droid. Are other people having the same problem? I enjoy this site and dont want to have to skip it any time Im away from my computer.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *