Kabut Asap di Balikpapan, Masih Aman ?

Beberapa minggu kebelakang, Kota Balikpapan diselimuti asap diduga kiriman dari Kalimantan Tengah dan sekitarnya. Asap-asap ini terlihat cukup pekat terutama di pagi hari. Meskipun beberapa warga mulai mengeluh, Pemerintah Kota (PEMKOT) belum menetapkan Balikpapan sebagai ‘Darurat Asap’.

Walikota, seperti dikutip Okezone melalui Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan, Suryanto, sudah mengeluarkan himbauan agar menggunakan masker saat beraktifitas diluar ruangan.

Dari informasi yang saya dapat, saat ini di Balikpapan, Indeks standar pencemaran udara (ISPU) berada pada angka rata-rata 150 dan tertinggi mencapai 253. Angka ini, menurut BLH, masih masuk dalam batas normal. Sedangkan standard ‘Tidak Sehat’ menurut BLH adalah diangka minimum 314.

Untuk diketahui bersama, Kota Palangkaraya yang sudah sejak 2 minggu lalu menetapkan status Darurat Asap, kadar ISPU nya mencapai 1.398. Jika dilihat dari angka ini, Balikpapan yang kadar ISPU nya masih diangka maksimal 253 tentunya masih belum masuk kedalam kategori ‘Tidak Sehat’ apalagi ‘Darurat Asap.

Namun demikian, mencegah tentunya lebih baik dari pada harus mengobati, harga masker jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya berobat.

Kesimpulan dari judul diatas Apakah Masih Aman ? tentu jawabannya dapat disimpulkan, bahwa kondisi kabut asap di Kota Balikpapan hingga hari ini, Sabtu (10/10/2015) masih dalam batas aman.

norjik

Bernama asli Imam Hojali, Alumnus Strata 1 STMIK AKAKOM Yogyakarta Jurusan Teknik Informatika. Menulis Blog sejak tahun 2006 di http://norjik.blogspot.com dan berlanjut di http://norjik.web.id, masih aktif sebagai Tenaga IT di salah satu Perusahaan Swasta di Kalimantan Timur

2 thoughts on “Kabut Asap di Balikpapan, Masih Aman ?

  • October 28, 2015 at 05:22
    Permalink
    Using Google Chrome Google Chrome 46.0.2490.80 on Windows Windows NT

    “Hi!..
    Greetings everyone, my name Angel of Jakarta. during my
    visiting this website, I found a lot of useful articles, which indeed I was looking earlier. Thanks admin, and everything.”
    Ejurnalism

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *