Buka Kelas Blog Perdana di HBN 2017

HBN 2017 atau yang mungkin lebih dikenali dengan Hari Blogger Nasional 2017 merupakan peringatan harinya para blogger Indonesia yang telah menginjakkan usianya yang ke 10 tahun. Dan kali ini Balikpapan Blogger Community merayakannya dengan didukung sepenuhnya oleh Grand Tjokro Balikpapan.

Hari Blogger Nasional sendiri pertama Kali dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Sepuluh tahun berselang, Blogger di Indonesia telah banyak berkembang.

Dari yang hanya berfokus kepada menulis, kali ini konsep tersebut mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis. Sejak dunia media sosial menjadi trend di Indonesia, para blogger tidak sedikit yang beralih ke media sosial. Dan tidak sedikit pula blog yang telah ditinggalkan oleh para pemiliknya bahkan mati tanpa pernah di update.

Sebenarnya blog bukanlah sekedar tempat para pemiliknya untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan saja, tapi juga sebenarnya para blogger bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Blog tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.

Bersama dengan rekan-rekan BalikpapanBlogger Community sebagai salah satu komunitas para blogger yang berasal dari Kota Balikpapan yang memiliki visi dan misi menjadikan blog warga Balikpapan sebagai referensi informasi yang baik, menarik dan berguna bagi para pembacanya, berusaha kembali menghidupkan kegiatan ngeblog (blogging) para blogger dan penggiat media sosial dalam bentuk kelas blog dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2017 kemarin.

Kegiatan yang dikemas santai ini bertemakan ngeblog bareng di Hari Blogger Nasional 2017. Tapi isinya bukan ngeblog melulu, bahkan hampir sebagian besar rekan-rekan blogger yang hadir tidak sempat ngeblog, dikarenakan para blogger yang hadir lebih antusian mendengarkan dan berdiskusi tentang beberapa tema yang telah disiapkan sebelumnya dalam bentuk kelas blog.

Kelas blog ini merupakan kelas perdana yang dibuka oleh Balikpapan Blogger Community setelah beberapa tahun vakum dikarenakan banyak dari anggotanya yang lebih asik dengan kehidupan media sosial yang sedang booming.

Kelas Membangun Blog

Pada sesi pertama, kelas blog diisi dengan materi membangun blog baik menggunakan blog gratisan maupun blog mandiri yang mengharuskan pemiliknya menggunakan nama domain dan hosting sendiri.

Ternyata masih banyak para blogger yang hadir masih memanfaatkan blog gratisan untuk kegiatan menulisnya, padahal tidak jarang blogger-blogger tersebut serius dalam kegiatan menulisnya.

Saya sendiri berkesempatan “meracuni” rekan-rekan blogger yang masih menggunakan blog gratisan untuk beralih ke blog mandiri. Setidaknya walaupun masih menggunakan blog gratisan tapi nama domainnya sudah menggunakan nama domain sendiri tidak numpang di server blog gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com.

Bahkan saking keracunan materi blog mandiri, ada beberapa teman yang langsung membeli nama domain dan sewa hosting untuk menunjukkan bahwa ternyata dia serius terhadap kehidupan menulisnya di media blog.

Sesi kelas membangun blog di acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan

Sesi kelas membangun blog di acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan

Kelas SEO

SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimizer merupakan teknik yang sering digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan pengunjung blognya dari sebuah keyword yang dimanfaatkan dalam menulis sebuah artikel.

Dengan meningkatnya pengunjung blog, otomatis akan meningkatkan rating blog yang kita miliki, dan bisa dipastikan dapat membuat blog kita lebih bernilai. Blogger tau lah nilai apa yang mau dicarinya.

Sesi kedua ini sendiri diisi oleh blogger Anggi Alfonso yang telah melanglang buana dengan memanfaatkan blog travelingnya.

Sesi kelas SEO yang dibimbing oleh Anggi Alfonso dalam acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan

Sesi kelas SEO yang dibimbing oleh Anggi Alfonso dalam acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan

Kelas Menulis

Pada sesi akhir, mbak Neno berkesempatan sharing tentang teknik menulis di blog.

Menulis sendiri memang merupakan rohnya aktivitas blogging. Namun terkadang tidak jarang para blogger kehabisan ide atau bingung mau memulai dari mana untuk membuat sebuah tulisan.

Nah di kesempatan ini mbak Neno memberikan tips dan trik agar tulisan kita bisa lebih berkualitas.

Sesi kelas menulis yang dibimbing oleh Mbak Neno di acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan

Sesi kelas menulis yang dibimbing oleh Mbak Neno di acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan
Sesi kelas menulis yang dibimbing oleh Mbak Neno di acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan

Sesi kelas menulis yang dibimbing oleh Mbak Neno di acara ngeblog bareng blogger di Grand Tjokro Balikpapan
Salah satu materi yang disampaikan oleh Mbak Neno pada sesi kelas menulis dalam acara kelas blog dan ngeblog bareng di Grand Tjokro Balikpapan

Salah satu materi yang disampaikan oleh Mbak Neno pada sesi kelas menulis dalam acara kelas blog dan ngeblog bareng di Grand Tjokro Balikpapan

Kelas Blog Berikutnya

Dari hasil diskusi dan sharing di kegiatan ngeblog bareng kemarin, ternyata masih banyak rekan-rekan blogger yang merasa kurang puas dan menginginkan dibuka kembali kelas blog berikutnya.

Saya sendiri merasa senang, ternyata masih banyak blogger yang mau belajar lebih banyak tentang dunia blog. Dan selaku Ketua Balikpapan Blogger Community saat ini, saya pastinya akan mengakomodir keinginan rekan-rekan blogger untuk membuka kelas blog berikutnya. Semoga lebih banyak yang hadir ya.

Kelas blog perdana ini sendiri dibuka atas kerja sama yang baik antara BalikpapanBlogger Community dengan Grand Tjokro Balikpapan yang merupakan salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Balikpapan.

Dan atas nama pribadi maupun selaku Ketua Balikpapan Blogger Communitymengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan penuh Grand Tjokro Balikpapan dan rekan-rekan blogger yang hadir pada event ngeblog bareng di Hari Blogger Nasional 2017 sehingga event tersebut dapat berjalan lancar dan sukses.

Selamat Hari Blogger Nasional ke 10 tahun
27 Oktober 2007-2017

Tetap semangat
Tetap ngeblog
Tetap menulis
Tetap mengabarkan kebaikan kepada dunia melalui blog yang kita miliki.

Sampai ketemu di kelas blog berikutnya.

Baca juga keseruan Ngeliwet Bareng Blogger di Grand Tjokro Balikpapan

Sumber: blognya Bambang Herlandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *