Bencana Yang Tak Terduga

Penyebab runtuhnya jembatan mahakam yang berusia 11 tahun masih misterius. Hingga saat ini masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak-pihak yang berwajib. Akhirnya muncul berbagai macam spekulasi yang merebak. Menurut Asrin Surianto dosen dari Universitas Kutai Kertanegara, penyebab runtuhnya jembatan mahakam ada 3.

Penyebab yang pertama adalah labilnya kondisi tanah, yang kedua kontruksi jembatan yang salah prosuder, dan yang ketiga adalah karena konstruksinya yang salah sehingga tidak mampu menahan beban yang berada diatas jembatan tersebut. Sedangkan menurut warga tenggarong yang bernama Juli

ansyah mengatakan bahwa penyebab ambruknya jembatan mahakam dikarenakan putusnya kawat penahan. “Mungkin karena sudah tua kali yah,” ujarnya.

Dan sejumlah warga Kutai Kartanegara berharap agar para pemegang kekuasaan menjadikan insiden ambruknya jembatan mahakam sebagai pembelajaran yang sangat berharga. “Semoga jadi pembelajaran yang sangat berharga bagi pejabat daerah dan pejabat teknisi terkait,” ujar syahli (39), dari warga ┬áLempake, Samarinda.

Dia menyatakan bahwa, adanya  kemungkinan dana untuk pembangunan tersebut telah disunat alias dikorupsi karena dia menganggap kontruksi bangunan jembatan kurang bagus.

Hendy

Penulis cerpen dan cerita fiktif, aktif sebagai kontributor di kompasiana sebagai penulis. Hobi menulis dan bercita-cita ingin menjadi penulis cerpen fiksi terkenal kelak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *